Cara Backup Semua Konten Di WordPress

123bisa

Cara Backup Semua Konten Di WordPress – Rajin backup data bukan hanya data yang tersimpan di komputer saja. Namun semua konten blogpun Anda diwajibkan untuk selalu backup data secara berkala. Backup di WordPressdilakukan untuk antisipasi sebelum terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap WordPress Anda, seperti blog kena suspend dan lain-lain. Tentunya Anda tidak menginginkan semua konten blog WordPress yang sudah Anda bangun bertahun-tahun mendadak hilang begitu saja.

Baca Juga : Cara Merubah Tampilan Blockquote Lebih Menarik Di WordPress

Cara Backup Semua Konten Di WordPress Gratis

WordPress gratis yang saya maksud adalah blog yang masih memanfa’atkan cms WordPress.com. Kenapa dipisahkan antara cara backup konten WordPress Gratisdengan WordPress Berbayar? Karena keduanya mempunyai perbedaan cara backupnya, sehingga saya harus membuat dua tutorial sekaligus.

Baiklah cara backup semua konten di WordPress.com ini sangat mudah, setelah Anda login di Dasbor wp-admin untuk melakukan backup blog WordPress.com klik menu Tool/Perkakas. Didalam menu Tool/Perkakas tersedia sub menu Import (untuk mengambil data dari blog lain) dan Export (untuk backup seluruh konten blog).

Tentunya untuk melakukan backup, Anda harus memilih submenu Export/Ekspor. Setelah tampil kotak dialog Export/Ekspor, sekarang Anda dihadapkan ke berbagai pilihan untuk backup konten blog. All content, Tulisan, Halaman dan Feedbacks. Silahkan pilih sesuai kebutuhan backup Anda, lalu klik Download Export File/Unduh Berkas Ekspor untuk melakukan proses backup. Tunggu beberapa saat sampai proses unduh/downloads selesai.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-1

Nanti setelah Anda selesai mengunduh seluruh berkas konten WordPress, file hasil unduhannya adalah dalam format XML Document. Sampai langkah ini, selesailah proses backup konten blog WordPress Anda.

Cara Backup Semua Konten Di WordPress Berbayar

Banyak cara yang ditempuh dalam hal backup semua konten di WordPress berbayar atau WordPress self hosting (domain TLD), diantaranya anda bisa menggunakan Plugin, dan lewat CPanel Hosting. Disini saya akan menjelaskan cara backup semua konten di WordPress berbayar lewat CPanel Hosting.

Oh iya, cara diataspun (cara backup WordPress.com) harus Anda lakukan juga di WordPress.org. Ini untuk backup seluruh artikel, komentar, dan halaman WordPress dalam format XML.

Cara Backup Konten WordPress Melalui CPanel

Silahkan login ke CPanel tempat Anda sewa Hosting, lalu klik File Manager.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-2

Selanjutnya Anda pilih Web Root (public_html/www).

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-3

Di root public_html data penting WordPress yang harus Anda Backup adalah semua konten yang ada dalam folder wp-content, silahkan klik wp-content yang ada di deretan public_html.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-4

Setelah semua konten yang ada didalam folder wp-content terbuka, blok semua konten tersebut dengan cara klik file yang paling atas lalu klik juga file paling bawah bersamaan dengan menekan Ctrl pada keyboard. Selanjutnya kalau semua konten sudah terpilih, maka klik Compress.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-5

Tentukan file format isi semua konten yang ada di wp-content yang selanjutnya akan Anda Compress, contoh disini saya memilih format ZIP Archive. Lakukan Compress file, dan tunggu sampai progress selesai.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-6

Lama dalam Compress file tergantung isi konten blog WordPress Anda, jika memang banyak data yang harus di Compress maka akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Setelah selesai Compress file semua konten yang ada di dalam folder wp-content, maka dalam deretan file yang ada didalam folder wp-content akan muncul sebuah file baru (file hasil compress), maka klik file tersebut lalu klik juga Download untuk mengunduh atau melakukan backup wp-content WordPress Anda. Simpan baik-baik data penting Anda tersebut di komputer atau media lainnya.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-7

Cara Backup MySQL Databases WordPress Melalui CPanel

Sekarang Anda sudah mempunyai satu data penting WordPress Anda, yakni semua konten yang ada di dalam folder wp-content. Ini belum selesai, Anda harus backup atau download juga satu data penting lagi, yaitu data MySQL Databases. Caranya dari CPanel tempat Anda sewa Hosting klik File Backup Wizard.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-8

Selanjutnya pada opsi Backup Wizard pilih atau klik Backup.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-9

Pada opsi Select Partial Backup silahkan pilih atau klik MySQL Database.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-10

Disini Anda pilih domain database yang akan di download atau di backup. Setelah memilih domain database, otomatis akan melakukan download semua file MySQL Databases WordPress Anda.

cara-backup-semua-konten-di-wordpress-11

Selesai sudah anda backup dua data penting WordPress domain TLD Anda. Simpan dan amankan juga file MySQL Databases dan satukan dengan file wp-content di komputer sebagai antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan di WordPress Anda seperti yang sudah saya terangkan diatas. Lakukan backup semua konten WordPress secara berkala.

Dukung kami berkembang dengan Subscribe