CARA HAPUS LINK DEFAULT GAMBAR DI WORDPRESS OTOMATIS

123bisa

WordPress memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk berbagai hal, begitu juga untuk urusan meng-upload foto atau gambar dan membuat galeri gambar di WordPress. Namun, ada salah satu bagian yang benar-benar menjengkelkan pada saat menambahkan gambar ke postingan WordPress adalah link gambar yang secara otomatis di tambahkan.

WordPress memang memiliki pilihan pengaturan untuk menghilangkan link ketika pengguna akan menambahkan gambar ke postingan dengan memilih link dengan pilihan “none”, namun meskipun WordPress sudah memilliki pilihan tersebut masih banyak pengguna sering lupa untuk mengatur bagian ini dan link gambar tetap aktif sehingga saat di klik akan mengarah pada URL dimana gambar secara default disimpan. Untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan menunjukkan kepada Anda bagaimana untuk secara otomatis menghapus link gambar default di WordPress.

MENGAPA ANDA HARUS NONAKTIFKAN LINK DEFAULT GAMBAR DI WORDPRESS

Secara default, Link gambar pada WordPress terdapat link menuju sumber dimana gambar tersebut disimpan. Seorang pengguna jika melihat gambar tersebut dan pengguna melakukan klik maka akan di bawa ke halaman gambar tersebut, dan dari halaman ini pengguna memiliki dua pilihan: klik tombol ‘back’ pada browser mereka atau malah menutup situs Anda dan pindah ke situs blog lain, dan hal tersebut tentunya sangat menjengkelkan. Hal ini juga mempengaruhi lalu lintas pada SEO gambar Anda karena mesin pencari bisa mengarahkan pengguna ke link yang digunakan untuk gambar dan bukan ke postingan Anda. Secara keseluruhan, itu menciptakan pengalaman pengguna yang buruk dan dapat mempengaruhi tingkat bounce rate yang tinggi pada situs WordPress Anda.

Salah satu solusinya adalah Anda harus menonaktifkan link gambar setiap Anda akan memasukkan gambar tersebut kedalam postingan, tetapi tentunya hal itu akan memperlambat pekerjaan Anda dan kadang-kadang Anda lupa untuk melakukannya.

hapus link gambar wordpress

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, jika Anda ingin menghilangkan link pada gambar Anda secara manual, Anda bisa mengubah pilihan pada Link To menjadi “None” pada bagian Attachment Displat Settings.

Cara manual yang kedua adalah dengan klik pada gambar di editor WordPress Anda, dan klik icon link yang berbentuk rantai dan hapus link tersebut lalu klik tombol panah, maka link akan dihapus dari gambar Anda.

Hapus link gambar WordPress

CARA MENGHAPUS LINK GAMBAR DEFAULT DI WORDPRESS OTOMATIS

Hal ini sangat sederhana untuk menonaktifkan link gambar default di WordPress. Yang harus Anda lakukan adalah menambahkan potongan kode ini dalam file functions.php pada theme WordPress yang sedang Anda gunakan.?

12345678function ck_imagelink_setup() {$image_set = get_option( 'image_default_link_type' ); if ($image_set !== 'none') {update_option('image_default_link_type', 'none');}}add_action('admin_init', 'ck_imagelink_setup', 10);

Setelah Anda menambahkan sedikit script diatas maka secara otomatis gambar yang Anda tambahkan ke postingan WordPress Anda tidak terdapat link aktif lagi.

Untuk pemula yang masih belum berpengalaman dalam hal coding WordPress, Anda bisa menggunakan cara lain yang lebih mudah dan lebih aman untuk menghapus link pada gambar yaitu dengan menggunakan plugin No Image Link. Plugin ini bekerja otomatis setelah Anda menginstall dan mengaktifkan plugin maka secara otomatis plugin akan bekerja dan tidak ada pilihan untuk mengkonfigurasi plugin ini. Namun, plugin ini juga memiliki kelemahan yaitu menghapus link gambar pada setiap halaman sehingga jika Anda ingin memberi link kustom pada gambar Anda menjadi tidak bisa, maka akan lebih baik untuk Anda dengan mencoba menggunakan cara dengan menambahkan kode diatas pada file functions.php Tema WordPress Anda.

Semoga artikel diatas membantu Anda dalam menghapus link gambar secara otomatis saat Anda memasukkan gambar di postingan. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba 🙂

Dukung kami berkembang dengan Subscribe