Instalasi Baru XenServer 7

Pada artikel sebelumnya, konfigurasi dan penggunaan XenServer 6.5 dibahas. Pada Mei 2016 , Citrix merilis versi baru platform XenServer. Banyak tetap sama tetapi ada juga beberapa tambahan baru yang berguna untuk rilis terbaru ini.

Salah satu perubahan terbesar adalah peningkatan ke Dom0lingkungan yang mendasarinya . XenServer 6.5 menggunakan CentOS 5.10 dan rilis baru XenServer 7 Dom0 telah diperbarui ke CentOS 7.2 . Ini telah membawa kernel Linux yang lebih baru di Dom0 serta kemudahan kemampuan upgrade di masa depan dalam CentOS 7 .

Perubahan besar lainnya terjadi pada partisi yang dilakukan untuk Dom0 . Rilis XenServer yang lebih lama mengandalkan MBR dan partisi root yang agak kecil (4GB). Selanjutnya, banyak pengguna kemungkinan mengalami masalah di mana log akan secara rutin mengisi partisi root jika tidak dipantau atau diekspor ke mekanisme log eksternal.

Dengan rilis baru, skema partisi telah berubah menjadi GPT dan juga partisi yang lebih logis telah dilakukan. Bagan di bawah ini sepenuhnya dikreditkan ke informasi rilis Citrix resmi:

  1. Partisi domain kontrol host XenServer 18GB (dom0)
  2. Partisi cadangan 18GB
  3. Partisi log 4GB
  4. Partisi swap 1GB
  5. 5GB partisi boot UEFI

Perubahan ini memang membutuhkan persyaratan hard drive yang lebih besar untuk Dom0 dibandingkan dengan versi lama XenServer tetapi skema ini mengurangi beberapa masalah yang dialami dalam versi yang lebih lama.

Pembaruan penting berikutnya di XenServer 7 adalah peningkatan aktual dari Xen 4.4 ke Xen 4.6 . Xen adalah bagian hypervisor aktual dari XenServer.

Daftar perbaikan dan peningkatan cukup besar tetapi beberapa peningkatan yang sangat terkenal dari Citrix termasuk introspeksi anti-malware tanpa agen untuk para tamu serta kerangka kerja yang dapat memungkinkan para tamu untuk dimigrasi antara CPU dari generasi yang berbeda.

Ada banyak peningkatan lain yang terlihat dalam peningkatan ini dan penulis sangat menganjurkan melihat daftar dan dokumen terkait di situs web Citrix:

  1. https://www.citrix.com/products/xenserver/whats-new.html

PENOLAKAN

Tujuan artikel ini adalah untuk berjalan melalui instalasi baru serta membantu administrator dengan proses memutakhirkan instalasi XenServer yang lebih lama ke XenServer 7 yang lebih baru dan menerapkan tambalan penting.

  1. Instalasi Baru XenServer 7
  2. Memutakhirkan XenServer 6.5 ke XenServer 7
  3. Menerapkan Patch Kritis XenServer 7

Ada beberapa cara untuk melakukan proses peningkatan dan solusi ‘tepat’ untuk instalasi tertentu akan sangat tergantung pada organisasi. Pastikan untuk memahami implikasi dan proses yang diperlukan untuk pembaruan yang berhasil.

Citrix telah merilis dokumen yang sangat terperinci yang harus ditinjau sebelum proses peningkatan dimulai: xenserver-7-0-installation-guide.pdf

Persyaratan Sistem XenServer

  1. XenServer 7 ISO : XenServer-7.0.0-main.iso
  2. Server mampu melakukan virtualisasi
  3. Daftar Kompatibilitas Perangkat Keras ada di sini: http://hcl.xenserver.org/
  4. Banyak sistem akan bekerja walaupun tidak terdaftar tetapi hasilnya dapat bervariasi, gunakan dengan risiko Anda sendiri.
  5. Minimum 2GB ram; 4GB atau lebih disarankan untuk menjalankan mesin virtual
  6. Mimimum 1 64-bit x86 cpu 1.5GHz; 2GHz atau lebih dan banyak CPU disarankan
  7. Ruang harddisk minimal 46GB; lebih diperlukan jika mesin virtual akan disimpan secara lokal
  8. Setidaknya kartu jaringan 100mbps; beberapa gigabit disarankan

Pengarang Saran yang Disarankan

Untuk menyimpan beberapa potensi sakit kepala bagi pembaca, penulis merekomendasikan hal-hal berikut sebelum memulai proses ini:

  1. Perbarui firmware pada sistem XenServer (terutama firmware NIC) – lebih lanjut
  2. Hentikan semua tamu yang tidak penting untuk mencegah masalah
  3. Baca dokumentasi Citrix dan juga artikel ini sebelum memulai
  4. Pastikan untuk mencadangkan informasi kumpulan untuk membuat pemulihan lebih mudah jika diperlukan
  5. Mulai ulang semua host XenServer sekali lagi setelah semua langkah selesai jika lingkungan mampu membayar waktu reboot

Pembaruan Host Tunggal dan Instalasi Baru XenServer 7

Proses pertama ini akan berjalan melalui instalasi XenServer 7 yang benar-benar baru . Pastikan untuk memeriksa persyaratan perangkat keras minimum untuk memastikan bahwa mesin dapat mendukung XenServer 7 .

1. Langkah pertama dalam instalasi adalah mengunduh file ISO XenServer . Dengan menggunakan tautan di atas, file dapat dengan mudah diunduh dari Internet menggunakan perintah ‘wget’ .

# wget -c http://downloadns.citrix.com.edgesuite.net/11616/XenServer-7.0.0-main.iso

Setelah ISO diunduh, salin ke USB drive dengan utilitas ‘dd’ . PERHATIAN – Perintah berikut akan menggantikan SEMUA yang ada di flash drive dengan isi XenServer ISO . Proses ini juga akan membuat drive USB yang dapat di-boot untuk proses instalasi.

# dd if = XenServer-7.0.0-main.iso dari = </ path / to / usb / drive>

2. Sekarang tempatkan media yang dapat di-boot ke dalam sistem yang harus diinstal oleh XenServer. Jika langkah pembuatan media yang dapat di-boot berhasil, sistem akan menampilkan layar splash XenServer.

Layar Boot XenServer 7

Layar Boot XenServer 7

3. Dari layar ini, cukup tekan enter untuk boot ke installer. Layar pertama, setelah penginstal dimulai dengan sukses, akan meminta pengguna untuk memilih bahasa mereka.

Pilih Bahasa Instalasi XenServer-7

Pilih Bahasa Instalasi XenServer-7

4. Layar selanjutnya akan meminta pengguna untuk mengonfirmasi bahwa pemutakhiran atau pemasangan harus dilakukan serta meminta driver khusus lainnya yang mungkin perlu dimuat untuk menginstal XenServer.

XenServer 7 Menginstal atau Meningkatkan Pengaturan

XenServer 7 Menginstal atau Meningkatkan Pengaturan

5. Layar selanjutnya adalah EULA wajib ( Perjanjian Lisensi Pengguna Akhir ). Gunakan panah keyboard untuk memindahkan kursor ke tombol ‘ Terima EULA ‘.

XenServer 7 Terima Lisensi

XenServer 7 Terima Lisensi

6. Di sinilah instalasi dapat mengambil satu dari dua jalur jika installer mendeteksi instalasi sebelumnya. Layar berikutnya akan meminta pengguna untuk menginstal bersih atau meningkatkan ke instalasi XenServer yang ada. Set instruksi pertama di sini akan berjalan melalui instalasi yang bersih. Jika diperlukan peningkatan, lanjutkan ke langkah 15 .

XenServer 7 Instal atau Perbarui Pilihan

XenServer 7 Instal atau Perbarui Pilihan

7. Layar selanjutnya akan meminta perangkat instalasi. Dalam hal ini akan menjadi ‘sda’ .

Pilih Drive Instalasi XenServer 7

Pilih Drive Instalasi XenServer 7

8. Setelah jalur instalasi telah dipilih, XenServer perlu tahu di mana file instalasi berada. Dalam hal ini, penginstal dibooting dari media lokal dan itu adalah opsi yang harus dipilih.

Pilih Sumber Instalasi XenServer 7

Pilih Sumber Instalasi XenServer 7

9. Langkah selanjutnya akan memungkinkan pengguna untuk menginstal paket tambahan pada saat yang sama dengan penginstal ini. Pada saat penulisan ini, tidak ada paket tambahan untuk XenServer 7 sehingga ‘tidak’ dapat dipilih di sini.

Pilih Paket Tambahan XenServer 7

Pilih Paket Tambahan XenServer 7

10. Layar selanjutnya akan memungkinkan pengguna untuk mengkonfirmasi integritas file sumber sebelum menginstal. Menjalankan tes ini tidak diperlukan tetapi dapat membantu mendeteksi masalah instalasi sebelum mencoba menulis file.

Verifikasi Sumber Instalasi XenServer 7

Verifikasi Sumber Instalasi XenServer 7

11. Setelah verifikasi selesai, jika dipilih saat instalasi, penginstal XenServer akan meminta pengguna untuk mengatur beberapa informasi sistem.

Prompt pertama adalah mengatur kata sandi pengguna root. Sekarang, karena XenServer akan menjadi sistem yang mendasari beberapa server penting yang tervirtualisasi, sangat penting bahwa kata sandi harus diamankan dan cukup kompleks!

Penting : Jangan lupa kata sandi ini karena tidak akan ada pengguna lain di sistem setelah penginstal selesai!

Setel XenServer 7 Root Password

Setel XenServer 7 Root Password

12. Beberapa langkah berikutnya akan bertanya bagaimana antarmuka jaringan manajemen harus dikonfigurasi ( Alamat statis atau DHCP ) serta nama host dan informasi DNS. Ini akan tergantung pada lingkungan.

Pilih Jaringan XenServer 7

Pilih Jaringan XenServer 7

Atur XenServer 7 Hostname dan DNS

Atur XenServer 7 Hostname dan DNS

13. Langkah ini mencakup beberapa layar untuk mengatur informasi zona waktu dan NTP ( Network Time Protocol ).

Pilih Zona Waktu XenServer 7

Pilih Zona Waktu XenServer 7

Setel Waktu Sistem XenServer

Setel Waktu Sistem XenServer

Konfigurasikan NTP untuk XenServer 7

Konfigurasikan NTP untuk XenServer 7

14. Pada titik ini di installer, semua informasi konfigurasi awal untuk instalasi bersih telah disediakan dan installer siap untuk menginstal semua file yang diperlukan.

PERINGATAN – Melanjutkan pada titik ini AKAN MENGHAPUS SEMUA DATA pada disk target!

Lanjutkan ke langkah 19 setelah memilih ‘ Instal XenServer ‘.

Konfirmasikan Instalasi XenServer 7

Konfirmasikan Instalasi XenServer 7

Memutakhirkan XenServer 6.5 ke XenServer 7

15. Langkah-langkah ini hanya digunakan jika melakukan pemutakhiran ke versi XenServer yang lebih lama . Media instalasi akan menemukan versi XenServer yang lebih lama jika diinginkan. Saat melakukan peningkatan, penginstal akan membuat cadangan sistem saat ini secara otomatis.

Instalasi XenServer Sebelumnya Terdeteksi

Instalasi XenServer Sebelumnya Terdeteksi

16. Setelah pencadangan dibuat, penginstal akan meminta paket tambahan. Pada saat penulisan ini, tidak ada paket tambahan untuk XenServer 7.

Pilih Paket Tambahan XenServer 7

Pilih Paket Tambahan XenServer 7

17. Layar selanjutnya akan memungkinkan pengguna untuk mengkonfirmasi integritas file sumber sebelum menginstal. Menjalankan tes ini tidak diperlukan tetapi dapat membantu mendeteksi masalah instalasi sebelum mencoba menulis file.

Verifikasi Sumber Instalasi XenServer 7

Verifikasi Sumber Instalasi XenServer 7

18. Akhirnya, pembaruan dapat dimulai! Pada titik ini, penginstal akan mencadangkan sistem 6.x yang lebih lama dan membuat perubahan yang sesuai untuk pengaturan XenServer 7.

Konfirmasikan Instalasi XenServer 7

Konfirmasikan Instalasi XenServer 7

Melanjutkan Instalasi XenSever 7

19. Salah satu perubahan paling jelas yang dicatat oleh penulis dengan XenServer 7 yang lebih baru adalah waktu boot tampaknya telah berkurang secara drastis. Sebagian besar Sistem XenServer 7 yang diuji sejauh ini telah melakukan booting sekitar 35-60% lebih cepat daripada yang mereka lakukan saat menjalankan XenServer 6.5 . Jika instalasi berhasil, sistem harus boot ke konsol XenServer.

Konsol Konfigurasi XenServer 7

Konsol Konfigurasi XenServer 7

Selamat, instalasi / peningkatan XenServer berhasil! Sekarang saatnya membuat tamu virtual, jaringan, dan penyimpanan repositori!

Menerapkan XenServer 7 Critical Patch XS70E004

20. Untuk menerapkan tambalan ini melalui XenCenter, cukup buka menu ‘Tools’ dan pilih ‘Install Update’ .

Instal XenCenter Patch

Instal XenCenter Patch

21. Layar selanjutnya akan memberikan beberapa informasi tentang proses pemasangan patch. Cukup klik berikutnya untuk melanjutkan setelah membaca tindakan pencegahan.

Informasi Patch XenCenter

Informasi Patch XenCenter

22. XenCenter, jika terhubung ke Internet, akan dapat menemukan patch yang hilang untuk lingkungan di layar ini. Pada saat artikel ini, satu-satunya tambalan yang tersedia adalah ‘XS70E004’ . Patch ini harus diterapkan SEGERA setelah peningkatan atau pemasangan XenServer 7.

Pembaruan Patch XenCenter

Pembaruan Patch XenCenter

23. Layar selanjutnya akan meminta host XenServer untuk menerapkan tambalan.

Terapkan XenCenter Patch

Terapkan XenCenter Patch

24. Setelah mengklik ‘berikutnya’ XenCenter akan mengunduh tambalan dan mendorongnya ke server yang dipilih. Cukup tunggu proses ini untuk menyelesaikan dan pilih ‘berikutnya’ bila berlaku.

Unduh XenCenter Patch

Unduh XenCenter Patch

25. Dengan file tambalan diunggah, XenCenter akan menjalankan serangkaian pemeriksaan untuk memastikan bahwa kondisi tertentu terpenuhi sebelum pemasangan tambalan dan mem-boot ulang host.

Memeriksa XenCenter Patch

Memeriksa XenCenter Patch

25. Setelah semua pra-pemeriksaan selesai, XenCenter akan meminta administrator tentang bagaimana tugas-tugas pasca pemasangan harus ditangani. Kecuali ada alasan kuat untuk tidak melakukannya, mengizinkan XenCenter untuk melakukan tugas-tugas ini biasanya merupakan jawaban terbaik.

Terapkan Pembaruan Patch XenCenter

Terapkan Pembaruan Patch XenCenter

26. Layar selanjutnya akan menampilkan progres pemasangan patch dan memberi tahu administrator jika ada kesalahan yang terjadi.

Menginstal Pembaruan Patch XenCenter

Menginstal Pembaruan Patch XenCenter

Ini menyimpulkan proses menambal host XenServer 7 . Langkah selanjutnya adalah mulai membuat tamu virtual! Terima kasih telah membaca artikel instalasi XenServer 7 ini.