Cara Menampilkan OS 64 bit di Virtualbox (1)

Hallo, brother and sister dimanapun kalian berada. Lama saya gak update blog ini karena kesibukan saya di dunia nyata. Jadi sekarang saya akan lanjutkan memberi beberapa artikel menarik untuk kalian. Hehe, mulai dari artikel ini saya akan coba ganti gaya bahasa ngeblog saya biar gak kaku dan lebih afdol gitu dilihatnya, setuju? Ok deh, gak pake lama langsung aja kita menuju ke artikel kali ini. Kamu semua udah pernah pake virtualbox belum nih? Sudah pernah? Belum sih om? Ok, jadi virtualbox itu adalah aplikasi yang digunakan untuk menjalankan Operating System seperti Windows, Linux, Mac (Hackintosh), dll dalam bentuk virtual didalam sebuah Operating System yang nyata terpasang (native) pada perangkat. Nah, disini saya gak bahas masalah cara install, konfigurasi, dll. Tapi disini saya akan memberikan troubleshooting mengenai Operating System (OS) berbasis 64 bit yang gak bisa ditampilkan pada virtualbox. Ok, sekarang saya mau bahas yang pake processor Intel dulu ya. Nah berbahagialah wahai kalian yang menggunakan processor Intel karena langkah-langkah yang kita lakukan cukup sederhana dibandingkan dengan yang pake AMD. Tapi buat user AMD gak usah risau, saya user AMD juga kok. Nanti yang AMD menyusul di artikel selanjutnya ya.

Bahan :

  1. Laptop/PC.
  2. Virtualbox (bisa didownload disini https://www.virtualbox.org/wiki/Downloads ).

Syarat Utama :

  1. Untuk artikel ini menggunakan processor Intel berbasis 64 bit. Dan support hardware virtualization (Cara untuk mengeceknya dapat dilihat disini https://jerryretronaif.wordpress.com/2015/09/20/cara-cek-processor-64-bit-di-windows/ ).

Syarat Pendukung (Gak wajib lho ya) :

  1. Berdoa (Kalau ini wajib sih, hehe).
  2. Secangkir teh anget manis yang merknya Gard*e atau Nyap* ditemenin singkong goreng panas.
  3. Setel lagu NAIF yang judulnya Mobil Balap biar makin asoy geboy. Bisa streaming/download disini ya. (https://www.youtube.com/watch?v=CQ5-aXPui8A ).

Langkah-langkah :

  1. Pertama cek syarat utama diatas. Kalau sudah kita langsung ke langkah selanjutnya.
  2. Restart komputer dan masuk ke BIOS.
  3. Cari pada menu BIOS kalian masing-masing yang berhubungan dengan Intel Virtualization (pada setiap BIOS berbeda). Ubah dari disable menjadi Enable.
  4. Simpan dan restart komputer.
  5. Cek pada virtualbox kini sudah bisa menjalankan OS berbasis 64 bit. Beres deh.

Untuk yang menggunakan processor AMD silahkan menuju kesini ya lanjutannya https://jerryretronaif.wordpress.com/2015/09/20/cara-menampilkan-os-64-bit-di-virtualbox-2/ .