TotalFinder dengan Perlindungan Integritas Sistem

Halaman ini menjelaskan informasi spesifik macOS 10.14 (Mojave).
Jika Anda memiliki versi macOS sebelumnya, silakan merujuk ke instruksi SIP macOS sebelumnya .
Anda mungkin ingin membaca posting blog ini untuk konteks sejarah.

TotalFinder memiliki dukungan untuk macOS 10.14 (Mojave), tetapi tidak dapat berjalan pada mesin yang dikonfigurasi secara normal karena Perlindungan Integritas Sistem (SIP). Artikel ini dapat membantu Anda cara mengkonfigurasi mesin Anda untuk memungkinkan instalasi TotalFiner dengan memodifikasi pengaturan SIP.

Jika Anda memutuskan untuk mengubah pengaturan, Anda akan dapat menginstal TotalFinder. Untuk lebih jelasnya …

Mesin Anda mungkin kurang aman ketika Perlindungan Integritas Sistem dinonaktifkan. Ini sepenuhnya keputusan Anda untuk mengubah pengaturan.

Cara menginstal TotalFinder dengan mematikan Perlindungan Integritas Sistem

TotalFinder akan memandu Anda melalui proses melalui dialog pemberitahuan. Silakan periksa halaman instalasi TotalFinder untuk langkah-langkah instalasi umum. Dokumen ini menjelaskan langkah-langkah spesifik SIP.

Anda harus boot ke OS Pemulihan. Anda melakukan ini dengan menyalakan kembali mesin Anda, dan menahan Command+Rsampai logo Apple muncul. Kemudian pilih Terminal dari menu Utilities. Ini terlihat seperti ini:

Di jendela yang terbuka, ketik csrutil disabledan tekan kembali. Ini mematikan Perlindungan Integritas Sistem sehingga TotalFinder dapat diinstal.

Nyalakan ulang mesin Anda dan Anda dapat menginstal dan menjalankan versi terbaru dari TotalFinder .

Sayangnya Anda harus menonaktifkan SIP untuk mengizinkan TotalFinder. Dalam versi macOS sebelumnya, dimungkinkan untuk mematikan SIP hanya untuk menyelesaikan langkah-langkah instalasi TotalFinder dan mengaktifkannya kembali. Itu tidak lagi dimungkinkan dengan macOS 10.14 (Mojave) karena pengaturan keamanan macOS yang diperkeras.

Rincian teknis

TotalFinder berfungsi dengan mengubah aplikasi sistem bawaan Finder.app.

Untuk mengubah beberapa fitur Finder, kami menggunakan teknik yang disebut injeksi kode . Ini berarti kita menambahkan beberapa kode tambahan ke program Finder ketika sedang berjalan untuk melakukan apa yang kita butuhkan. Ini relatif aman – bahkan kami tidak mengubah bagian dari macOS pada disk. Anda hanya perlu keluar dari Finder melalui Command+Option+Esc, dan Finder akan restart dan semuanya akan seolah-olah TotalFinder tidak pernah berjalan.

Namun, di macOS 10.11 (El Capitan) dan kemudian pengembang macOS menambahkan fitur yang melarang modifikasi semacam ini bahkan jika Anda memiliki akses administrator. Ini juga akan melarang jenis modifikasi lainnya (seperti mengganti bagian-bagian sistem pada disk).

Penghapusan Instalasi dan SIP

Untuk menghapus TotalFinder dari sistem Anda, jalankan uninstaller yang ditemukan pada unduhan dmg terbaru dari TotalFinder .