Konfigurasi Jaringan Hotspot dengan Radius Server menggunakan Mikrotik Router Board 411AH

Acenk90's Hotspot

Selamat siang semua, pada artikel sebelumnya saya pernah membahas mengenai jaringan point to point menggunakan mikrotik. Untuk kelanjutannya, pada artikel kalai ini saya akan membahas sedikit mengenai cara "Konfigurasi Jaringan Hotspot dengan Radius Server dan User Manager menggunakan Mikrotik Router Board 411AH". Sebelum masuk ke bagian konfigurasi ada baiknya sedikit saya jelaskan mengenai pengertian hotspot itu sediri. Hotspot adalah istilah saja dimana zona atau wilayah dimana orang-orang bisa akses internet dengan menggunakan, laptop atau smartphone, dengan fitur wifi (tanpa kabel). Untuk lebih jelasnya dapat dilihat contoh topology jaringan hotspot seperti pada gambar di bawah ini.

Untuk membuat sebuah jaringan hotspot menggunakan RB 411 langkah-langkah yang harus dilakukan adalah :

  1. Konfigurasi interface ethernet untuk ke internet, dan beri nama "To Internet" melalui winbox configuratoion interface dengan cara mengikuti step-step seperti gambar di bawah ini.
  2. Konfigurasi interface Wireless dengan nama "To Acenk90's Hotspot" dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  3. Konfigurasi IP Address untuk interface ethernet "To Internet" dengan system DHCP Client dengan mengikuti langkah seperti pada gambar di bawah ini.
  4. Konfigurasi  DHCP Client untuk interface "To Internet" agar mendapatkan akses internet dari router DHCP Server / ADSL anda dengan cara mengikuti langkah seperti gambar di bawah ini.
  5. Tahap pengaturan IP Address untuk interface "To Acenk90's Hotspot" dengan mengikuti langkah seperti gambar di bawah ini.
  6. Atur IP Address untuk interface "To Acenk90's Hotspot" sesuai kebutuhan anda seperti gambar di bawah ini.
  7. Pengaturan wireless mode "ap bride" dengan SSID hotspot "Acenk90's Hotspot", Band "2GHz-only-G" , channel width "20MHz" dan frekuensi "2412" dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  8. Pengaturan konfigurasi hotspot dengan mengikuti langkah seperti gambar di bawah ini.
  9. Lakukan konfigurasi hotspot dengan mengikuti step-step seperti gambar di bawah ini.
  10. Pengaturan IP Address dan netmask untuk client interface hotspot dan client area sesuai dengan kebutuhan anda dengan cara mengikuti step seperti gambar di bawah ini.
  11. Isikan range IP Address yang akan dipeloeh oleh client hotspot, dengan mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  12. Untuk SSL certicate hotspot kosongkan saja dan click Next seperti gambar di bawah ini.
  13. Untuk konfigurasi smpt IP Address kosongkan saja seperti gambar di bawah ini.
  14. Pada konfigurasi DNS Server hotspot dikosongkan saja, karena kita akan menggunakan DNS server default yang telah diperoleh router ketika mengaktifkan fitur DHCP client untuk interface "To Internet" pada tahap sebelumnya, seperti gambar di bawah ini.
  15. Pada bagian konfigurasi "DNS Name" dikosongkan saja, seperti gambar di bawah ini.
  16. Buatkan konfigurasi user pertama yang akan di gunakan sebagai user dan password hotspot , dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  17. Konfigurasi setup hotspot success seperti gambar di bawah ini.
  18. Edit konfigurasi server profile hotspot dan non aktifkan "Cookie" dengan cara mengikuti lagkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  19. Rubah nama server profiles hotspot "hsprofl" menjadi "Acenk90's Hotspot" atau seseui keinginan anda dengan cara mengikuti step-step seperti gambar di bawah ini.
  20. Mengaktifkan radius server hotspot "Acenk90's Hotspot" agar bisa di integrasikan terhadap server radius nantinya dengan cara mengikuti lagkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  21. Melalukan penambahan user dan password untuk client hotspot dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  22. Hasil pembuatan user baru yang telah di create tadi, seperti gambar di bawah ini.
  23. Penambahan konfigurasi radius server dengan cara mengikuti step-step seperti gambar di bawah ini.
  24. Mengaktifkan konfigurasi "Radius Incoming" dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.
  25. Mencoba melakukan scanning wifi hotspot melalui komputer client dan pastikan hotspot "Acenk90's Hotspot" yang telah dikonfigurasi tadi terdetecksi oleh wifi card anda seperti gambar di bawah ini.
  26. Tahap uji coba melakukan koneksi melalui wifi client ke hotspot "Acenk90's Hotspot" dan mendapatkan ip address client dhcp telah success, seperti gambar di bawah ini.
  27. Ketikkan sembarang alamat website pada addressbar software web browser dan akan diredirect otomatis ke halaman login hotspot pada saat pertama kali melakukan konektivitas, Kemudian isikan username dan password yang telah dibuat tadi, seperti tampilan gambar di bawah ini.
  28. Login ke hotspot "Acenk90's Hotspot" menggunakan username dan password yang telah di create tadi success dan akan diredirect ke situs internet, seperti gambar di bawah ini.
  29. Pengujian akses internet setelah login ke hotspot "Acenk90's Hotspot" success seperti gambar di bawah ini.
  30. Pengecekkan user yang sedang login ke hotspot "Acenk90's Hotspot" melalui winbox mikrotik dengan cara mengikuti langkah-langkah seperti gambar di bawah ini.

Demikianlah artikel kali ini mengenai cara "Konfigurasi Jaringan Hotspot dengan Radius Server menggunakan Mikrotik Router Board 411AH". Untuk artikel mengenai penambahan user manager untuk menajemen user hotspot mikrotik RB 411AH akan kita bahas pada artikel selanjutnya. Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua.

Salam

Sumber : https://acenk90.wordpress.com/2014/05/12/konfigurasi-jaringan-hotspot-dengan-radius-server-dan-user-manager-menggunakan-mikrotik-router-board-411ah/#more-2433
Nofriandi